Petugas Unit Damkar Kabupaten Serang Tidak Pernah Libur, Telepon Kantor Jarang Digunakan

Senin, 12 Mei 2014 | 12:40 WIB

Petugas Damkar Kabupaten Serang mengecek mobil pemadam kebakaran, kemarin.

SERANG – Petugas Unit Pemadam Kebakaran yang berada dibawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang selalu siap siaga memadamkan api. Bentuk kesiagaan yang mereka lakukan ialah stand by dikantor selama 24 jam.

Petugas Unit Damkar BPBD Kabupaten Serang Hikmat mengatakan, petugas damkar tidak mengenal hari libur. “Dari hari Senin sampai Minggu kita dituntut harus on time membantu pemadaman,” katanya kepada Banten Raya, Minggu (11/5) Jika biasanya instansi lain libur di Sabtu dan Minggu, hal itu tidak berlaku bagi petugas damkar. “Kalau kita mengenal libur pas sedang tidak piket. Soalnya pekerjaan kita dalam satu pekannya dibagi shift pagi dan malam,” katanya.

Menurutnya, pembagian shift dilakukan agar tidak terjadi kekosongan petugas di kantor damkar. Minimal sebanyak 15 orang harus selalu ada bertugas. “Jumlah itu diasumsikan untuk keberangkatan dua unit damkar ke lokasi kebakaran. Dengan komposisi satu unitnya tujuh orang plus satu orang komandan regu,” katanya. Meski demikian, jika ada peristiwa kebakaran besar, tidak menutup kemungkinan petugas yang sedang tidak piket juga diminta datang membantu memadamkan api. “Kita memiliki enam unit damkar. Yang siap diterjunkan ketika terjadi musibah kebakaran di sejumlah wilayah di Kabupaten Serang,” katanya.

Ia menambahkan wilayah yang sering terjadi kebakaran ialah di Serang timur. Dalam satu bulan, selalu saja ada laporan kebakaran. “Kita biasanya menerima laporan langsung ke contact person masing-masing petugas. Tidak lewat contact person resmi damkar di 200113 yang saat ini jarang digunakan warga untuk membuat laporan pengaduan kebakaran,” katanya. PURNAMA

Mungkin Anda Menyukai