Banjir mulai melanda beberapa desa di Daerah Aliran Sungai Cidurian dan Ciujung

20150210 carenang,tanara 053Sejak Siang hari ini (09/02/2015) jam 11.00 WIB Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang mulai dibanjiri laporan kejadian bencana banjir yang melanda dibeberapa desa yang dilalui oleh aliran Sungai Cidurian dan Ciujung. Hal ini disebabkan oleh tingginya Curah Hujan pada hulu sungai Ciujung dan Cidurian.

Dua Kecamatan berdasarkan pantauan BPBD Kabupaten Serang dilapangan, berawal dari informasi pihak kecamatan dan warga diwilayah yang terdampak adalah sebagai berikut :

1. Kec. Carenang :

  • Ds. Walikukun : Kp. Kedung Sentul RT 09 – 10 RW 03. Terendam 66 Rumah, 96 KK, 50 -100 cm sejak jam 11 Pagi. Akibat hujan intensitas sedang/tinggi yang berlangsung sejak kemarin malam 08/02/15 luapan dari saluran Kali Irigasi penghubung Ciujung dan Cidurian.
  • Ds. Ragas Masigit : Kp. Bojong, Kp. Sukamulya, Kp. Toyet, Terendam 87 Rmh. 50-100cm wkt yang sama Dgn Diatas. Penyebab sama.
  •  Ds. Carenang : Kp. Bendung Pasar, Kp. Bendung Kadiran. Terendam 18 Rmh, 33 KK berkisar 50-100cm wkt yg sama & Penyebab sama.

2. Kec. Tanara : Ds. Tanara : Kp. Tanara, Kp. Kamuludan, Kp. Sukamaju, Kp. Sukamanah. Masih dalam penghitungan jumlah. Ketinggian berkisar 50-100 cm. Penyebab sama.

Sejak Sore hari BPBD Kabupaten Serang melakukan Pemantauan Lapangan serta melakukan pengiriman bantuan Logitik Kedaruratan yang pada malam ini diserahkan kepada Pihak Kecamatan Carenang untuk didistribusikan. untuk wilayah Kecamatan Tanara masih akan dikoordinasikan terkait kebutuhan bagi warga yang terdampak.

Sampai saat laporan ini dibuat diwilayah tersebut diatas masih hujan intensitas sedang, info dari wilayah lebak ketinggian air masih secara perlahan naik. pada jam 21:30 WIB di hulu ciujung status awas dengan debit air 497m3/detik.

Selain itu juga satu kejadian Cuaca Ekstrim berupa 1 (satu) unit rumah Permanen a.n Aksan 32th di Kp. Astana Bojong RT04/01 Ds. Walikukun Kec. Carenang tersambar petir mengakibatkan bagian atap rumah Rusak Berat. Waktu kejadian sekitar jam 13:00 WIB.

Upaya yg telah dilakukan :

  1. Pemantauan ke Wilayah yg terdampak mulai sejak sore sampai jam 10/02/15 02:00 WIB.
  2. Dropping Bantuan Logitik Kedaruratan, utk kec. Carenang.
  3. Koordinasi dengan aparat pemerintahan Setempat, utk mengkoordinasikan pemenuhan kebutuhan dasar apabila dibutuhkan.
  4. Siagakan personil dalam rangka antisipasi meluasanya dampak banjir dan cuaca ekstrim.

Pada saat tulisan ini dibuat, Secara umum wilayah Kabupaten Serang masih hujan secara merata, intensitas bervariasi ringan – sedang.

Mungkin Anda Menyukai