Puting Beliung Melanda 2 Kecamatan, Rusak 81 Bangunan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Serang mencatat sebanyak 81 rumah rusak akibat puting beliung disertai hujan deras dan kilat di Kecamatan Tunjungteja dan Pamarayan pada Kamis (30/7) sore. Tidak ada korban jiwa atau cedera, namun 81 bangunan rusak karena angin tersebut mengakibatkan genteng berjatuhan dan pagar roboh.

Waseh (45) warga Desa Bojongcantang, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (31/7), menunjukkan pagar yang roboh karena puting beliung disertai hujan deras dan kilat. Puting beliung juga melanda Desa Sanghiang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang. Tidak ada korban jiwa atau cedera akibat peristiwa itu, namun 81 bangunan rusak akibat genteng beterbangan.
Waseh (45) warga Desa Bojongcantang, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (30/7), menunjukkan pagar yang roboh karena puting beliung disertai hujan deras dan kilat.

Waseh (45) warga Desa Bojongcantang, Kecamatan Tunjungteja, Jumat, mengatakan, puting beliung merusak rumah-rumah di lingkungannya secara merata. Angin berlangsung sekitar 30 menit hingga sekitar pukul 14.30.

Berdasarkan pengamatan, sebuah pagar dengan panjang sekitar 30 meter dan tinggi 1,5 meter, roboh. Di sejumlah rumah, atapnya tampak rusak. Kerusakan terutama terlihat pada pinggir atap. Genteng-genteng pada sisi itu tidak lagi utuh. Kerangka atap terlihat karena tidak ditutupi genteng.

“Ngeri. Lama juga angin bertiup,” kata Waseh yang juga Ketua RT 012/RW 003, Desa Bojongcantang itu. Di RT itu, terdapat sekitar 55 rumah dan umumnya rusak pada bagian atap karena puting beliung membuat genteng beterbangan. Puting beliung dikhawatirkan bisa terjadi lagi.

“Merata, di setiap rumah ada kerusakan. Tadi pagi, sebagian besar warga sudah memperbaiki rumahnya. Takut kalau hujan bisa lebih repot. Sekarang saja sudah mau hujan,” kata Waseh.

Operator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nanda Bachtiar, mengatakan, selain di Desa Bojongcantang, puting beliung juga terjadi di Desa Sanghiang, Kecamatan Pamarayan.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Serang, 43 rumah di Desa Bojongcantang rusak, terdiri dari tiga rumah rusak berat, tiga rusak sedang, dan 37 rusak ringan. Di Desa Sanghiang, 38 bangunan rusak, terdiri dari satu bangunan semipermanen roboh, satu warung rusak berat, dan 36 bangunan rusak ringan.