RELEASE KEBAKARAN CIRUAS SERANG

RELEASE KEBAKARAN PASAR CIRUAS
PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Serang

Pasar Ciruas terbakar pada Rabu dini hari, 10 Januari 2018. Diduga api berasal dari kebocoran gas yang kontak dengan arus pendek listrik dari salah satu kios bakso. Kejadian diperkirakan terjadi pukul 02.00 WIB. Api membakar hampir semua bagian pasar yang berada di bangunan tengah dengan didominasi pedagang buah-buahan,sayur mayur,dan toko baju. Diperkirakan jumlah kios yang terbakar adalah kurang lebih 117 kios. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut.
“Kebakaran hebat di Pasar Ciruas juga pernah terjadi pada 24 Juni 2004. Sedikitnya 650 kios di pasar tradisional Ciruas saat itu habis terbakar. Kebakaran pada waktu itu juga diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik berlangsung lebih dari lima jam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.”


Kronologi Kejadian :
– Jam 02.00 WIB: PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Serang menerima laporan dari Anggota Damkar Kota Serang melalui frekwensi radio bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Ciruas, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.
– Operator PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Serang segera menyampaikan laporan yang diterima kepada Regu Damkar BPBD KABUPATEN SERANG yang sedang bertugas.
– Jam 02.10 WIB: Regu Pemadam Kebakaran dan 2 orang personil PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Serang diberangkatkan ke lokasi kejadian dengan menggunakan 1 unit WaterPump dan 1 unit WaterSupply masing-masing kapasitas 5000 liter.
– Jam 02.19 WIB: Regu Pemadam Kebakaran tiba dilokasi langsung melakukan penanganan dibantu dari Pemadam Kebakaran Kota Serang.
– Jam 02.35 WIB: Pemadam Kebakaran Mengerahkan kembali 1 unit kendaraan WaterSupply dan 1 Unit kendaraan WaterPump masing-masing kapasitas 5000 liter. Berdasarkan permintaan Kepala Regu II Damkar Kabupaten Serang yang melaksanakan penanganan di lokasi kejadian.

– Jam 02.51 Pemadam Kebakaran Kabupaten Serang kembali meluncurkan 1 unit kendaraan WaterSupply ke lokasi kejadian.
– Jam 03.02 WIB: PUSDALOPS-PB Mengerahkan kembali 1 unit Ranger dan 2 orang Personil untuk membantu Accesment dan pengumpulan data informasi di lokasi kebakaran.

– Jam 05.19 WIB: Api berhasil dipadamkan dan petugas langsung melakukan pendinginan agar api tidak menyala kembali.
– Jam 05.44 WIB: Api kembali menyala. Hal ini terjadi akibat terlambatnya supplay air dikarenakan arus lalu lintas yang macet menghambat jalur mobilitas unit damkar dari lokasi sumber air ke lokasi kebakaran.
Atas kerjasama dan Koordinasi antara PUSDALOPS-PB BPBD KABUPATEN SERANG dengan pihak Kepolisian maka POLANTAS yang berada dilokasi saat itu dengan sigapnya mengkondisikan jalur Akses pergerakan mobilitas Unit Damkar supaya bisa berjalan lancar untuk mengisi air di kali Ciruas dan mensupplay air ke unit WaterPump yang berada dilokasi kebakaran guna melakukan proses pendinginan yang dilakukan personil pemadam kebakaran.

– Jam 08.02 WIB Personil Pemadam Kebakaran masih terus melakukan upaya pemadaman
– Jam 09.23 WIB Pemadam Kebakaran sudah akhirnya dilakukan Proses Pendinginan
– Jam 10.31 WIB Proses pemadaman dan pendinginan api di Pasar Ciruas dinyatakan Selesai.

                          
Sumber Daya Yang Tersedia Di Lokasi Kebakaran:
– Plt.Sekda Kabupaten Serang Bapak Agus Erwana.
– Damkar Kabupaten Serang 5 Unit Mobil Pemadam beserta 25 personil
– Damkar Kota Serang 5 Unit Mobil Pemadam beserta 20 personil
– Tagana Kabupaten Serang beserta 10 personil
– PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Serang
– 1 Unit Mobil Ranger BPBD Kabupaten Serang dengan 2 personil
– 1 Unit Kendaraan Trill Roda dua BPBD Kabupaten Serang dengan 2 personil
– POLSEK CIRUAS
– Unsur Muspika Kecamatan Ciruas
Kesimpulan :
Asal api dari kebocoran gas yang kontak langsung dengan arus pendek listrik di salah satu kios bakso, Pemadam Kebakaran Kabupaten Serang melakukan upaya pemadaman dibantu Pemadam Kebakaran Kota Serang, serta unsur terkait lainnya sejak pukul 02.19 WIB sampai dengan Pukul 10.31 WIB. Adapun kendala yang dihadapi ialah kurangnya ketersediaan air dan akses untuk menjangkau lokasi yang terbakar,cukup sulit dilalui oleh petugas Damkar yang melakukan penanganan,serta terhambatnya jalur mobilitas unit Damkar dari lokasi sumber air kelokasi kebakaran. Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, kerugian materil diperkirakan mencapai miliyaran rupiah.
Demikian kiranya harap maklum,semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Serang,13 Januari 2018
PUSDALOPS-PB BPBD KABUPATEN SERANG

Mungkin Anda Menyukai